Tuesday, September 7, 2010

05. Bebas dari Pengaruh Orang Lain

Seberapa sering kita terpengaruh oleh pendapat orang lain tentang diri kita? Seberapa sering kita terpengaruh oleh pikiran mengenai bagaimana orang lain melihat diri kita? Kondisi dimana kita selalu bertingkah laku berdasarkan pendapat/keinginan/harapan orang lain tentang diri kita, memungkinkan orang lain memiliki kekuasaan atas diri kita, secara lahir dan batin.

Dalam kesadaran terhadap diri sendiri, ada dua kondisi pikiran yang bermain, yaitu: (a) kondisi bagaimana kita berpikir orang lain melihat diri kita (atau bagaimana kita ingin orang lain melihat diri kita), dan (b) kondisi bagaimana kita melihat diri sendiri.

Untuk merasa lebih nyaman, ada baiknya kita lebih mengutamakan kondisi bagaimana kita melihat diri sendiri, daripada terkondisi dengan pandangan bagaimana kita berpikir orang lain melihat diri kita (atau bagaimana kita ingin orang lain melihat diri kita). Vibrasi dari perasaan nyaman yang kita rasakan, atas hasil dari kondisi tersebut, akan divalidasi oleh perasaan nyaman orang lain.

Metode di atas adalah salah satu metode untuk merasakan kebebasan dalam pikiran kita. Berikan kebebasan atau porsi yang lebih banyak kepada diri kita, dalam memandang/melihat dirinya sendiri.

Hal ini, dapat kita praktikkan, sambil berjalan kaki menuju tempat kegiatan. Dengan cara seperti ini, kita tidak perlu mengenakan topeng untuk mengatasi kekhawatiran terhadap apa yang orang lain katakan atau pikirkan.