Wednesday, September 15, 2010

07. Dunia akan Berubah, jika Saya Berubah

Orang pada umumnya menantikan dan menuntut (kepada pihak-pihak yang berwenang), agar lingkungan berubah, ke arah yang lebih baik. Orang pada umumnya meminta kepada pihak-pihak yang berwenang agar berbuat sesuatu, untuk mengubah keadaan menjadi lebih baik.  

Selama agen perubahan tidak berada di tangan kita, kita akan sulit mendapatkan perubahan yang sesuai dengan harapan kita.  Selama kita masih menuntut dan menantikan perubahan, justru kita bukan mendapatkan perubahan yang sesuai dengan harapan kita, tetapi malahan rasa kecewa, kesal, hingga frustrasi.

Daripada kita mendapatkan kekecewaan, lebih baik kita mengubah mindset kita, bahwa “jika saya berubah, maka lingkungan akan berubah”.  Daripada kita berharap bahwa orang lain akan membawa perubahan, lebih baik kita berpikir bahwa diri kita mau dan mampu membawa perubahan positif bagi diri kita sendiri.

Ketika pola pikir kita berubah ke arah yang positif, sikap (cara pandang), serta tindakan kita juga akan berubah. Kita akan menyaksikan bahwa orang-orang dan lingkungan sekitar kita, telah berubah menjadi lebih baik.  Kita akan percaya bahwa dunia sekitar kita, sebenarnya telah memberikan yang terbaik sesuai dengan scenario dari sang maha sutradara.