Wednesday, September 29, 2010

12. Beralih Profesi sebagai Produsen

Keheningan memberikan pengalaman batin kepada kita; pengalaman batin yang terkadang tidak bisa kita dapatkan pada umumnya. Tanda dari pengalaman batin tersebut adalah adanya perasaan damai, perasaan cinta, perasaan bahagia, serta perasaan mampu (berharga).

Perasaan-perasaan tersebut di atas seringkali menurun, saat kita berada dalam kesadaran badan, atau saat kesadaran kita berada pada gelombang beta (14-30 Hz). Saat kita berada dalam kesadaran badan, profesi/peran kita adalah sebagai konsumen. Perasaan-perasaan tersebut kita konsumsi sedikit demi sedikit, ibarat bahan bakar yang terkonsumsi dalam perjalanan.

Keheningan membuat kita mampu berpindah dari kesadaran badan ke dalam kesadaran jiwa (gelombang alpha [8-13 Hz], gelombang theta [4-7 Hz], atau bahkan gelombang delta [0.5-3 Hz]).  Dalam kesadaran jiwa, peran kita bukan lagi konsumen, tetapi berganti sebagai produsen.

Sebagai produsen, kita mengetahui supplier terbaik dari perasaan-perasaan tersebut. Untuk mengakses perasaan-perasaan tersebut, kita tidak lagi terlalu bergantung dari apresiasi, pujian, ataupun penghargaan orang lain. Kita dapat memaklumi bahwa stock perasaan-perasaan tersebut pada orang lain juga terbatas, selama orang lain yang bersangkutan juga pada posisi konsumen, bukan produsen.

Kesadaran sebagai produsen membuat kita merasa “kaya raya”. Kita tidak lagi sekedar mengkonsumsi perasaan-perasaan terebut, tetapi justru memberikan/membagikannya secara gratis kepada sesama :)