Friday, September 24, 2010

02. Sebab-Akibat Perilaku Menolong

Pertolongan yang kita berikan kepada orang lain, terbagi menjadi  empat jenis. Jenis pertama adalah pertolongan yang kita berikan, karena kita merasa takut terhadap sesuatu, dan pertolongan tersebut membuat orang lain menjadi tergantung/lemah.

Jenis kedua, adalah pertolongan yang kita berikan karena kita takut terhadap sesuatu, namun membuat orang yang kita tolong menjadi lebih mandiri.

Jenis ketiga, adalah pertolongan yang kita berikan karena kita ingin membagi rasa senang yang kita miliki, atau kita senang dengan kegiatan terkait, namun akibat dari pertolongan kita membuat orang lain menjadi tergantung.

Jenis keempat adalah pertolongan yang kita berikan karena kita ingin membagi rasa senang yang kita miliki, atau kita senang dengan kegiatan terkait, dan membuat orang lain yang kita tolong menjadi mandiri.

Jenis pertolongan yang ideal adalah pertolongan jenis keempat. Mereka yang kita tolong tetap merasa bahagia dan setara, atau tidak merasa direndahkan. Di samping itu, mereka juga akan menjadi mandiri, bukan menjadi tergantung.

Orang yang mandiri dan senantiasa merasa bahagia, akan mampu menolong sesama secara tulus/iklas :)