Thursday, September 9, 2010

01. Pengetahuan dan Pemahaman = Berkat Sejati

Kita mengalami peristiwa/situasi negatif maupun positif dalam hidup kita. Ketika kita dihadapkan pada peristiwa/situasi negatif, biasanya kita mengharapkan berkat dari Yang Maha Esa atau dari seseorang yang kita anggap hebat/mampu menyelesaikan situasi negatif yang sedang kita alami. Namun demikian, harapan tersebut kadang tidak tercapai (atau tidak terkabul).

Metode untuk mengatasi/menyelesaikan peristiwa/situasi negatif, adalah dengan menerima peristiwa/situasi tersebut dan berusaha belajar sesuatu dari peristiwa yang dialami. Belajar sesuatu dari peristiwa yang dialami, adalah berusaha untuk mengetahui dan memahami poin/nilai yang relevan untuk diterapkan.

Berkat sejati dari Yang Maha Esa, adalah pada saat kita mendapatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai poin/nilai tertentu dari suatu peristiwa. Dengan pengetahuan dan pemahaman mengenai poin/nilai yang relevan dalam suatu peristiwa, berarti kita telah mendapatkan berkat. Berkat tersebut menurunkan potensi terulangnya peristiwa/situasi negatif, di waktu mendatang. Pengetahuan dan pemahaman mengenai poin/nilai yang relevan dalam suatu peristiwa, juga menghindarkan kita, dari rasa penyesalan dan sikap saling menyalahkan.