Monday, September 20, 2010

09. Berani Menghargai Waktu

Kita merasa tidak puas dengan pemanfaatan waktu (kemarin maupun hari ini); namun, saat kita menjalani waktu (kemarin maupun hari ini), kita berpikir bahwa nanti/besok, masih ada waktu. Kita merasa selalu kekurangan waktu; namun di lain pihak, kita senantiasa menyempatkan waktu untuk melihat/mendengarkan/mendiskusikan perkembangan gosip terbaru.

Saat kita tersadar bahwa kita sedang mendengarkan/mendiskusikan perkembangan gosip terbaru bersama rekan, dengan penuh kerendah-hatian, kita perlu mengajukan permisi. Kita dapat mengatakan kepada rekan, misalnya dengan ucapan, "...saat ini saya sedang mengerjakan tugas, yang deadline-nya adalah hari ini....apakah rekan berkenan bertemu lagi, setelah saya menyelesaikan tugas (atau setelah bertemu dengan atasan/klien)…"

...atau jika kita berhasil, kita mencoba mengarahkan topik yang sedang didiskusikan dengan rekan kita, menjadi topik yang lebih konstruktif (sehubungan dengan tugas yang akan/sedang diselesaikan). Tawarkan kepada rekan, apakah ia berkenan bergabung (mau membantu) dalam tugas yang akan/sedang diselesaikan :)