Friday, September 17, 2010

05. BALI = Banyak Libur

Saat kita mendapatkan kesempatan untuk berlibur, umumnya kita memanfaatkannya untuk bepergian/jalan-jalan, bertemu kerabat, atau berbelanja sesuatu. Bepergian/jalan-jalan, bertemu kerabat, atau berbelanja, bukan sesuatu hal yang tidak penting. Namun kita boleh bertanya, apakah salah satu tujuan liburan, yaitu untuk membebaskan diri dari stres, tercapai?

Ada pernyataan bahwa stres dapat diredakan dengan adanya “perubahan suasana”. Suasana yang sering dimaksud dalam hal ini adalah liburan. Berkaitan dengan pernyataan tersebut, kita perlu sepakat dahulu apa yang dimaksud dengan “perubahan suasana”.

Suasana dapat terbagi menjadi dua, yaitu suasana eksternal/lingkungan dan suasana internal/suasana hati.  Dengan demikian, kita dapat mengkritisi makna dari “perubahan suasana”; apakah perubahan suasana di luar (lingkungan) memengaruhi perubahan suasana di dalam (hati dan pikiran); Apakah suasana di dalam (hati dan pikiran), menjadi lebih nyaman, saat terjadi perubahaan suasana di luar (dari suasana kantor/sekolah ke suasana liburan).

Saat kita mengatakan “ya”, pada pertanyaan di atas, kita perlu memastikan bahwa jawaban tersebut sesuai dengan yang dirasakan.  Kebebasan dari stres adalah suatu perasaan yang sungguh dapat dirasakan.  Kebebasan dari stres, tampaknya bukan karena adanya perubahan suasana “di luar,” tetapi adanya perubahan  suasana “di dalam”.

Perubahan suasana “di dalam”, dari kondisi stres menjadi tidak stres, sebenarnya bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, dan dalam kegiatan apa saja. Perubahan suasana “di dalam”, dari kondisi stres menjadi tidak stress, adalah kondisi yang kita dambakan sebenarnya. Sedangkan perubahan suasana “di luar”, walaupun dalam keadaan liburan, kadangkala hanya perubahan adegan (sumber stres) atau perubahan “tempat” terjadinya stres.  

Satu hal yang dapat menjadi tips, agar terjadi perubahan suasana “di dalam”, dari kondisi stres menjadi tidak stress, adalah merasakan nyamannya udara di sekitar kita, nyamannya pijakan lantai yang kita injak saat kita duduk/berjalan, merasakan nyamannya saat-saat menghirup udara segar dalam kehidupan ini, atau nyamannya sandaran/bangku/kursi yang sedang kita gunakan. Intinya, ajak diri kita untuk berlibur (santai dan hening) sejenak, dengan pikiran yang sangat sederhana.

Selamat berlibur dalam pikiran… :)