Saturday, October 23, 2010

12. Beautiful Drummer & Beautiful Pianist

Sifat introvert dan extrovert adalah berkah/kekuatan bagi kita…

Saat kita tahu kapan harus menampilkan sifat introvert dan kapan harus menampilkan sifat extrovert, maka sifat tersebut akan menjadi kekuatan bagi kita…. Apa iya?!??

Sifat introvert dan sifat extrovert ibarat tangan kiri dan tangan kanan. Tidak ada tangan yang lebih jelek atau lebih bagus. Semua tangan akan bagus, saat kita mampu memanfaatkan/mengoptimalkan fungsi keduanya.

Secara umum, sebagian dari kita ada yang cenderung menggunakan tangan kanan, dan ada yang cenderung menggunakan tangan kiri (kidal). Karena kecenderungan tersebut, kita cenderung hanya menggunakan tangan yang itu-itu saja. Namun, hal ini bukan berarti tangan yang lainnya tidak dapat dimanfaatkan. Tangan yang lain tetap berpotensi untuk dilatih dan dimanfaatkan. Jika kita dapat melatih dan memanfaatkannya secara maksimal, tangan yang lain akan menjadi sama primanya dengan tangan yang cenderung kita gunakan.

Ambilah contoh pemain drum dan pemain piano….(maksudnya, pemain drum/piano yang ulung lho ya :)

Kedua tangan mereka sama prima-nya; berbeda dari tangan orang-orang pada umumnya. Kedua tangan mereka dapat dimanfaatkan dengan sama baiknya, sehingga permainan drum atau permainan piano mereka menjadi sangat prima dan sangat memukau penonton.

Kedengarannya sepele….
“Mengoptimalkan tangan kiri, sebaik tangan kanan…”,
“Mengaktifkan tangan kiri, sehingga sama aktifnya dengan tangan kanan”,
tapi hasilnya wauwww…
bisa duapele, tigapele…, atau berpele-pele (ngomong opo toh iki?? :)

Kembali kepada sifat introvert dan sifat extrovert. Sifat mana yang lebih dominan pada kita?

Ada kecenderungan bahwa kita mempersepsi kecenderungan menampilkan sifat extrovert adalah sifat yang baik. Sifat extrovert membuat kita dianggap bersedia melakukan self-disclosure (bersedia mengungkapkan diri); Sifat extrovert dianggap membuat kita mampu menunjukkan inisiatif (bersedia memperkenalkan diri terlebih dahulu kepada orang lain atau bersedia menawarkan bantuan terlebih dahulu kepada orang lain); Sifat extrovert dipandang membuat kita mampu memberikan dukungan emosional kepada orang lain; dan lain-lain, yang pada prinsipnya membuat sikap extrovert dipersepsikan sebagai sesuatu yang baik.

Lain halnya dengan sifat introvert. Individu dengan sifat introvert, dianggap cenderung menarik diri, cenderung pemurung, cenderung kurang suka berteman, cenderung kurang suka bergaul; pokoknya, sikap introvert kurang menarik untuk dimiliki. Individu takut sekali dicap kurang popular jika memiliki sifat introvert.

Persepsi seperti ini, cenderung memojokkan sifat introvert; sama halnya seperti kita memojokkan tangan kiri (bagi kita yang cenderung menggunakan tangan kanan).

Jika kita terus memojokkan tangan kiri, kapan kita mau jadi pemain drum atau pemain piano yang ulung??? (hehehe… jangan di-counter dengan jawaban seperti ini lho ya: “ ihhh… emang siapa yang mau jadi pemain drum atau jadi pemain piano???”…hehehe…)

Pemain piano atau pemain drum yang ulung, setiap hari melatih kedua tangannya. Bahkan, menurut pengamatan penulis, kadang-kadang, tangan kiri dari pemain drum/piano, lebih “jago” lho…, walaupun sehari-harinya pemain drum/piano tersebut tampak lebih sering menggunakan tangan kanan. (mohon maaf kalau pengamatan penulis salah… hal ini sifatnya kualitatif… yang kadang kala tidak dapat digeneralisasi :)

Jadi… begini saja…
Kapan kita mau latihan untuk sekali-sekali bersifat introvert?
Coba dululah…
Nanti boleh dirasakan manfaat/kekuatannya :)
Introvert = Ketenangan = Kedamaian = Kedalaman/Kejernihan Berpikir = Kehati-hatian dalam berkata-kata/bertindak = Kemayu (tampil secara anggun/sopan) = Ke-Ke- yang lainnya, pokoknya yang baik-baiklah, yang sumbernya adalah sifat intovert.

Selamat mencoba dan berlatih menggunakan "tangan kiri"…
Selamat memiliki kekuatan baru....

Lhaa…kalau salaman bagaimana…???
ya… tetap pakai tangan kanan lahhh… :)

hehehe…

atau begini…
supaya lebih hangat…
salaman pakai tangan kanan…
setelah itu...dilanjutkan dengan salaman pakai tangan kiri… :)
kalau disangka aneh...terus salaman lagi pakai tangan kanan...
terus saja begitu... ganti-gantian....:)
maunya opo tohnduk....nduk…?? :) :)