Thursday, October 7, 2010

06. Ingat Minum, Ingat Kerjasama

Kita kadang mengharapkan orang lain untuk dapat bekerjsama dengan kita. Jika orang lain menunjukkan perilaku menghindar, menolak, kita menganggap bahwa orang lain sulit untuk diajak bekerjasama.

Semakin kita mengharapkan bantuan/kerjasama dari orang lain, maka kriteria bekerjasama menjadi semakin tinggi/besar/sulit. Pada akhirnya, kita berpikir bahwa sulit sekali untuk menerima kerjasama dari orang lain.  

Sebenarnya kerjasama/bantuan sering-kali/banyak-kali  datang tanpa kita menginginkan/mengharapkannya. Kerjasama selalu ada di setiap hal kecil yang kita lalui sehari-hari.  Kita sebenarnya telah mendapatkan banyak kerjasama, mulai dari kita bangun tidur, sampai kita akan tidur kembali.

Saat baru bangun tidur, kita biasanya meminum air putih. Dengan meminum air putih, pada saat baru bangun tidur, kita sudah menerima bentuk bantuan/kerjasama. Air putih tidak datang dengan sendirinya ke ruangan kita. Air putih membutuhkan perantara/tangan beberapa orang, mulai dari proses produksi, pengemasan, pengiriman, penjualan, s.d. berada di ruangan kita. Tanpa kerjasama dari banyak pihak, tidak mungkin ada air putih di ruangan kita.

Setelah meminum air putih, kita kemudian ke kamar mandi. Di kamar mandi, kita bisa merenungkan sejenak, seberapa banyak kerjasama/bantuan yang kita terima, hingga kamar mandi kita ada sedemikian rupa; mulai dari pembuatan kamar mandi, pemasangan listrik/lampu di kamar mandi, penyediaan air, ember, dan lain sebagainya. Tanpa kerjasama dari banyak pihak, sulit rasanya kita bisa menikmati kegiatan mandi.

Selanjutnya kegiatan sarapan/sahur. Seperti halnya refleksi di atas, kita dapat menikmati sarapan, karena ada kerjasama yang kita terima. Kita menerima berbagai bentuk kerjasama/bantuan dari banyak pihak, mulai dari yang menanam benih, yang merawat tanaman, yang memanen, yang mengemas, yang mengirim, yang menjual, sampai dengan yang memasak.

Demikian seterusnya… kita selalu menerima berbagai bentuk bantuan/kerjasama pada setiap aktivitas yang kita lakukan sepanjang hari (berangkat ke sekolah/tempat kerja, saat sudah sampai di sekolah/di tempat kerja, saat mau pulang sekolah/pulang kerja, hingga saat kita berangkat tidur). Demikian adanya… kita selalu menerima kerjasama/bantuan dari berbagai pihak.

Jadi, jika kita selalu menerima kerjasama/bantuan… hal yang perlu kita pikirkan sekarang bukan lagi mengharapkan kerjasama, tetapi berpikir bentuk bantuan/kerjasama apa yang bisa kita berikan kepada orang lain :)