Wednesday, October 13, 2010

05. Menambah/Melatih Kebebasan

Kebebasan merupakan harta karun. Kita tidak perlu mengharapkan harta tersebut. Kita sudah mendapatkannya, dan kita dapat menggunakannya sewaktu-waktu, kapan pun ada kesempatan.

Semakin sering kita menggunakannya, semakin sering kita memanfaatkannya, semakin banyak/bertambah harta kebebasan yang kita miliki. Aneh ya… kok ada harta yang semakin sering digunakan… malah semakin banyak/bertambah …??

Kebebasan bukan terletak pada pengharapan atas orang lain, tetapi pada buah pikiran positif yang bermanfaat bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Saat kita banyak mengharap kepada orang lain, kita belum atau tidak memanfaatkan harta kebebasan yang kita miliki.

Kebalikan dari prinsip di atas… Semakin banyak kita mengharap kepada orang lain, semakin kita tidak memanfaatkan harta kebebasan yang kita miliki, semakin berkurang harta kebebasan yang kita miliki. Aneh juga ya… ada jenis harta yang semakin jarang digunakan … malah semakin sedikit/berkurang…??

Cara memanfaatkan harta kebebasan yang kita miliki, adalah dengan jalan menggunakan fasilitas pikiran. Pikiran yang kita miliki pada hakikatnya adalah harta karun, yang bersifat sangat bebas. Tidak ada yang dapat menghalang-halangi kebebasan pikiran kita. Kita dapat memikirkan apapun, kita bebas mengkreasi apapun dengan pikiran kita, kita bebas memanfaatkan pikiran kita.

Coba pikirkan…. apa yang akan kita lakukan hari ini/malam ini, supaya saat bangun pagi esok hari, kita akan merasa senang dan tetap bersemangat?... Dengan kebebasan dalam pikiran kita, kita akan mendapatkan jawaban atas pertanyaan tersebut :)

Coba pikirkan satu lagi… di mana, dengan siapa, dan bagaimana kondisi kita nanti, setelah kehidupan saat ini berakhir (baca: setelah kita meninggalkan badan)…

Dengan harta kebebasan yang semakin bertambah/semakin terlatih, yang kita miliki atas pikiran kita, kita akan mendapatkan jawaban atas pertanyaan tersebut secara akurat :)