Friday, October 8, 2010

03. Penemuan Jati Diri & Sikap Rendah Hati

Kita bisa melihat dengan jelas bentuk tangan “saya”, bentuk badan “saya”, bentuk kepala “saya”, bentuk kaki "saya"… nah...bentuk “saya” bagaimana? Apakah kita pernah melihatnya dengan jelas? :)

Ya, saat kita mampu melihat bentuk “saya”, maka kita akan mengatakan bahwa bentuknya sangat halus, halus..., tidak kasar…

Bentuk “saya” yang sangat halus tersebut adalah salah satu sifat asli diri kita. Sifat asli diri kita sebenarnya tidak kasar.

Di dalam pergaulan sehari-hari ada istilah “tidak tahu diri”…. Mungkin juga istilah tersebut benar… ya benar… pada saat kita “tahu diri” atau mengetahui siapa diri kita sebenarnya… tentu kita akan lebih halus, lebih humble, atau lebih rendah hati…

Saat kita mengetahui bentuk “kita” yang halus…
Kita menjadi mengetahui benar-benar jati diri kita,
Mengetahui jati diri adalah menjadi diri sendiri….
Menjadi diri sendiri adalah dasar kepercayaan diri… :)