Tuesday, February 8, 2011

11. Periksa dan Putuskan

Di dalam perjalanan kita, dari galaksi yang satu menuju ke galaksi yang lain (ini ceritanya di pesawat antariksa lho ya…), batu rintangan (baca: masalah) muncul sebagai sesuatu yang alami. Batu rintangan bukan muncul karena kita mengalami nasib sial dalam perjalanan, tetapi memang ada di daerah-daerah tertentu atau pada koordinat tertentu. Artinya, kalau kita tidak ingin menjumpai bebatuan tersebut, ya diam saja di tempat, tidak usah ke mana-mana.

Cara mengatasi batu rintangan tersebut, sebenarnya tergantung keterampilan kita sebagai pilot. Sebagai pilot, langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah mengukur (memeriksa) secara akurat kemampuan (kecanggihan) pesawat antariksa yang kita kendarai. Kemudian, langkah kedua adalah mengambil keputusan. Jelas, dalam melaksanakan setiap langkah tersebut, kita membutuhkan konsentrasi dalam keheningan..hehehe...

Jika berdasarkan hasil pengukuran/pemeriksaan, kita menganggap bahwa kemampuan pesawat yang kita kendarai adalah prima dan dilengkapi dengan persenjataan yang super canggih (baca: kita dalam keadaan sehat-sehat dan sudah menguasai banyak keterampilan), maka kita dapat mengambil keputusan untuk menghadapi batu rintangan tersebut atau membuatnya menjadi kecil-kecil; dan kemudian batu rintangan yang sudah berukuran kecil tersebut, yang masih berpotensi menghambat perjalanan kita, kita bersihkan/selesaikan berdasarkan skala prioritas.

Kondisi kedua, jika kita menganggap bahwa kemampuan pesawat yang kita kendarai kurang memadai (baca: kondisi fisik kita sakit-sakitan, dan kita memiliki keterbatasan dana dan waktu), lebih baik kita mengambil rute yang mungkin agak jauh (baca: bersabar hingga ada kesempatan yang lebih baik). Dengan kata lain, kita mengambil jalan yang agak sedikit memutar, untuk menghindari batu rintangan, dan setelah memutar, kita kembali lagi ke arah tujuan utama perjalanan. Ibaratnya seperti pilot pesawat komersil yang memilih untuk menghindari awan hitam/badai yang ada di hadapannya.  

Keputusan mana yang akan kita ambil….? Lakukan pemeriksaan terhadap kondisi pesawat, dengan penuh konsentrasi… Setiap keputusan adalah baik, asalkan disesuaikan dengan hasil pemeriksaan, dan hasilnya membuat kita selamat…