Wednesday, February 9, 2011

02. Jatuh Cinta Setiap Hari

Sembilan puluh lima persen (95%) kondisi mencintai diawali oleh proses memberikan perhatian (kok seperti hipotesis penelitian ya…). Variasi memberikan perhatian atau menghormati orang lain, dimulai dari melihat, mengetahui, sampai dengan mengingat. Lalu, apa yang dilihat, diketahui, dan diingat? Hal yang dilihat, diketahui, dan diingat adalah objek.

Objek ada yang berwujud (memiliki bentuk fisik) dan ada juga yang tidak berwujud (tidak memiliki bentuk fisik). Contoh objek yang berbentuk fisik misalnya wajah, bentuk tubuh, dan suara. Sedangkan contoh objek yang tidak berbentuk fisik misalnya sifat tanggung jawab, rendah hati, suka memberi pertolongan, jujur, dan sifat toleransi.

Mungkin, bagi kebanyakan orang, objek yang berbentuk fisik lebih mudah untuk dilihat, diketahui, dan diingat daripada yang tidak berbentuk fisik. Untuk melihat, mengetahui, dan mengingat objek yang berbentuk fisik, usaha yang kita butuhkan lebih sedikit daripada usaha untuk melihat, mengetahui, dan mengingat objek yang tidak berbentuk fisik. Kita berpikir bahwa kita membutuhkan usaha ekstra untuk objek yang tidak berbentuk fisik.

Seberapa banyak usaha ekstra yang kita butuhkan? Tenang saja... usaha ekstra tersebut sebenarnya dapat kita minimalkan. Kita dapat meminimalkan usaha tersebut dengan LATIHAN melihat, mengetahui, dan mengingat objek yang tidak berbentuk fisik, yang ada DI DALAM diri kita.

Apakah kita dapat melihat sifat tanggung jawab, rendah hati, suka memberi pertolongan, jujur, sifat toleransi, dan sifat-sifat baik lainnya ada dalam diri kita?

Apakah kita dapat melihat bahwa sifat tanggung jawab, rendah hati, suka memberi pertolongan, jujur, sifat toleransi, dan sifat-sifat lainnya yang tidak berbentuk fisik, SEJELAS / SENYATA objek yang memiliki bentuk fisik?

Saat kita melihat sifat-sifat tersebut SEJELAS / SENYATA objek yang memiliki bentuk fisik, bersiap-siaplah memasuki kondisi jatuh cinta untuk yang kesekiankalinya. Cinta yang dimaksud di sini adalah cinta suci, cinta kepada diri sendiri, cinta kepada orang lain (jiwa lain), dan cinta kepada jiwa utama. Tanda bahwa kita sedang jatuh cinta adalah adanya ingatan kebahagiaan yang terus menerus, kepada objek yang kita cintai.

Masih ingatkah kita pada masa-masa dimana kita sedang jatuh cinta? :)