Thursday, February 3, 2011

01. Setiap Orang adalah Unik dan Istimewa :)

Pertanyaan yang membuat kita kadang berpikir keras:
1.       Apa yang membuat orang lain dapat berubah?
2.       Mengapa orang lain kok sulit sekali untuk diubah?
3.       Kapan orang lain akan berubah, sehingga suasana (hati) kita akan menjadi lebih baik?

Saat mengajukan tiga pertanyaan tersebut, jangan lupa mengajukan pertanyaan pelengkap: “Apakah orang lain tersebut dapat diubah oleh faktor diri kita, oleh faktor/kondisi lingkungan, atau oleh faktor dirinya sendiri?” Pastikan bahwa jika kita ingin mengubah orang lain, setidaknya 2 dari 3 faktor ada. Kalau ketiga-tiganya (3 dari 3 faktor), berarti kemungkinan orang lain berubah adalah 100%. Kalau hanya 1 faktor saja, wah…sulitt… kalu dihitung berarti kemungkinannya hanya 33,33% :)

Pertimbangan lain adalah premis bahwa setiap orang adalah unik.

Kita sering mengatakan bahwa orang lain adalah unik. Unik artinya berbeda; termasuk berbeda dari yang kita harapkan. Dengan kita berharap agar orang lain sesuai dengan harapan kita, berarti kita sudah melanggar premis bahwa setiap orang adalah unik. Dengan kata lain, kita ingin agar setiap orang adalah sama. Hehehe…wong skenario drama kita masing-masing sudah berbeda kok… lhaa…kita kok malah buang-buang tenaga dan waktu untuk  membuat atau menyamakan skenario dari setiap orang?!? hehehe…

Di balik keunikan, selalu ada keistimewaan. Unik artinya bukan negatif, justru artinya punya keistimewaan. Premis bahwa setiap orang adalah unik, konotasinya positif. Dengan demikian, daripada kita menghabiskan tenaga untuk mengubah orang lain atau daripada kita menghabiskan tenaga untuk memikirkan mengapa begitu sulit mengubah orang lain, lebih baik kita menggunakan tenaga kita untuk mengidentifikasi apa sih keistimewaan dari orang lain…dan apa sih bentuk perhatian yang dapat kita berikan kepada orang yang bersangkutan… Dengan penuh rasa hormat, kita akan melihat dengan jelas bahwa di balik sosok fisiknya, setiap orang memiliki keistimewaan, seperti halnya masing-masing diri kita, yang juga memiliki keistimewaan… :)