Thursday, December 16, 2010

11. Hasil Wawancara dengan Bumi: Tips Bumi Mengatasi Rasa Bosan

Mungkin saja tujuan/lintasan rute tujuan hidup kita, mirip seperti tujuan/lintasan rute dari bumi dan matahari... Tujuan hidup bumi, apalagi matahari sangat sederhana....

Apakah iya tujuan perjalanan kita hampir sama dengan tujuan perjalanan Bumi... coba tanya kepada Bumi...hai Bumi... Anda sudah tua....Anda mau ke mana...Apa tidak bosan mengelilingi matahari?

Bumi kemudian menjawab, "...jangan tanya kepada saya, lebih baik tanyakan saja kepada matahari...mungkin dia yang merasa bosan...kalau saya sih senang-senang saja...peran saya masih uenak dibandingkan dengan peran matahari...sampai saat ini, saya sangat senang jalan-jalan mengelilingi matahari...walaupun lintasannya itu-itu juga....:) Setiap saya selesai mengelilingi matahari dalam satu putaran, saya melihat orang-orang yang menghuni saya,  dengan antusias merayakannya...pada awalnya saya merasa biasa saja, karena itu memang sudah rutin saya lakukan... tapi akhir-akhir ini, saya dapat merasakan perasaan senang/gembira dari orang-orang yang menghuni saya tersebut....jujur saya ikut merasakannya...memang ada sih pikiran jail...kapan ya sekali-sekali matahari yang mengelilingi saya... hehehe..."

Kalau bumi, jelas tampak mengelilingi matahari; terus saja dia berputar-putar mengelilingi matahari. Nah… bagaimana dengan matahari… Matahari yang setiap hari berusaha memberikan kehangatan bagi lingkungan dan seluruh makhluk hidup, ke mana arah tujuan/pergerakannya? Apakah kita berani bertanya kepada matahari...Anda mau ke mana...Apa tidak bosan berdiam saja (dikelilingi Bumi)? ini saya sampaikan pesan dari Bumi: mbok ya... Anda toh yang sekali-sekali mengelilingi bumi...hehehe...

Jika kita boleh berandai-andai…(tapi ini bukan waham kebesaran lho ya… :)… kira-kira, mana analogi yang lebih cocok dengan diri kita, kita lebih enak menjalankan peran bumi, atau lebih enak menjalankan peran matahari….? atau... kita bagaikan diri kita sendiri saja...lebih enak menjalankan peran diri sendiri...bukan peran matahari... atau peran bumi.... :)

Jadilah sederhana dan teratur seperti sistem tata surya...sistem yang sibuk dalam keteraturan dan perannya masing-masing...sistem yang tidak bosan dalam keteraturan/peran/rutinitasnya sehari-hari... :)