Thursday, February 10, 2011

01 & 03. Melipatgandakan Nilai dengan Memberikan Nilai

·         Rasa Hormat digunakan untuk/kepada orang yang lebih tua; kepada orang yang lebih muda?
·         Kerendahan hati digunakan untuk/kepada orang lain; kepada orang-orang terdekat?

RasaHormat dan Kerendahan Hati adalah keterampilan yang diibaratkan sebagai harta karun. Harta karun yang didiamkan saja (tidak dimainkan atau tidak diivestasikan), akan mengalami stagnasi atau bahkan penyusutan (berkurang).

Dengan senantiasa menggunakan rasa hormat dan kerendahan hati, dalam kehidupan sehari-hari, kita diibaratkan sedang memainkan atau menginvestasikan harta karun yang ada pada diri kita. Investasi dapat dikonotasikan sebagai kegiatan menanam atau menyimpan harta karun, sehingga harta karun tersebut berkembang.

Menginvestasikan nilai kerendahan hati dan rasa hormat, berarti memberikan,  menyampaikan, atau menyimpan nilai tersebut pada orang lain. Nilai investasi akan semakin banyak, jika kita dapat memberikan dan menyampaikan nilai (kerendahan hati & rasa hormat) kepada setiap orang (jiwa); bukan hanya kepada kelompok usia, golongan, atau orang tertentu.

Investasi dalam hal rasa hormat dan kerendahan hati agak sedikit berbeda dengan investasi dalam hal uang. Investasi dalam hal uang sedikit mengandung risiko untung/rugi; sedangkan investasi dalam nilai rasa hormat dan kerendahan hati, tidak mengandung risiko untung/rugi (100% aman). Investasi rasa hormat dan kerendahan hati yang sedang kita bahas, diatur berdasarkan hukum alam, bukan berdasarkan hukum bisnis atau hukum dagang yang bersifat untung/rugi. Hukum alam bersifat sangat jelas dan tidak pilih kasih (atau tidak tebang pilih…hehehe…).

Barang siapa menanam kebaikan akan menuai kebaikan…entah di kesempatan saat ini (dalam waktu dekat), atau di kesempatan mendatang (di masa depan).

Jadi, …
·         apakah kita hanya akan menginvestasikan rasa hormat untuk orang yang lebih tua, atasan, atau orang tertentu?
·         apakah kita hanya akan menginvestasikan kerendaan hati untuk menyambut tamu/orang tertentu?

Jawaban atas pertanyaan tersebut, tergantung pilihan kita sepenuhnya…hehehe…

Salam Hormat dan Salam Damai… :)