Monday, August 30, 2010

10. Tidak Memberi dan Tidak Menerima Kesedihan Orang Lain

Umumnya, kita berhati-hati untuk tidak memberikan kesedihan kepada orang lain; tapi kita lupa bahwa kadang-kadang kita justru mengambil kesedihan dari kata-kata dan perilaku orang lain. Kondisi ini dapat mengganggu batin kita sendiri; oleh karenanya, kita tidak dapat bekerja dengan efektif.

Kita perlu memberikan perhatian khusus untuk tidak mengambil kesedihan dari siapa pun, seperti halnya kita berhati-hati untuk tidak memberi kesedihan kepada orang lain. Kita perlu memastikan bahwa kita tidak mengambil kesedihan dalam bentuk apapun juga.

Mengambil kesedihan orang lain, seringkali berupa perasaan tersinggung, kecewa, dan sedih, pada saat kita menerima kritik dari orang lain. Kita perlu menyadari, bahwa kritik dari orang lain, umumnya karena mereka mengalami kondisi kesedihan dan kekecewaan.

Tidak mengambil kesedihan orang lain, berarti kita menjaga bahwa diri kita terbuka dan dapat menerima kritik, tanpa perlu disertai perasaan sedih dan kecewa (seperti yang sedang dialami oleh orang yang memberikan kritik). Kita harus siap menerima kritik yang datang, tanpa ada pikiran negatif, dengan semangat untuk berbuat yang benar, dan untuk melihat bahwa kita belajar sesuatu dari kritik tersebut.