Friday, August 27, 2010

08. Menjadi Idola dan Sumber Dukungan bagi Orang Lain

Ketika kita berusaha melakukan pengembangan diri dan bekerja dengan sungguh-sungguh, kita kadang-kadang menginginkan dukungan dan pengertian dari orang lain. Namun sayangnya, dukungan dan pengertian dari orang lain tersebut tidak selalu kita dapatkan.

Di lain waktu, kita merasa perlu ada seorang idola yang bisa diikuti; kita merasa perlu ada sosok yang menjadi teladan bagi banyak orang, dan dapat mengubah situasi. Ketika kita tidak menemukan orang seperti itu, boleh jadi kita berkecil hati dan kadang mengeluh bahkan menyalahkan keadaan yang ada. Kita sibuk menyalahkan pimpinan saat ini dan membenarkan bahwa pihak-pihak tersebut adalah orang-orang yang seharusnya bertanggung jawab.

Solusinya ternyata bukan terletak pada pihak-pihak yang kita harapkan. Solusinya terletak pada diri kita sendiri. Lebih baik kita mengharapkan diri kita sebagai model, idola, sumber inspirasi, dan sumber dukungan bagi orang lain. Lebih baik kita berhenti mengharapkan dan mengeluhkan orang lain untuk membuat suatu perubahan. Dalam hal ini, kita perlu memberikan perhatian ekstra kepada usaha yang sudah dan bisa kita lakukan dan kepada "sumber" dari usaha tersebut.

Dalam segala situasi, kita ingat saja bahwa Tuhan adalah teman dan "sumber" bagi kita dalam membuat berbagai usaha. Tuhan adalah model, idola, sumber inspirasi, dan sumber dukungan bagi kita. Ingatan tersebut akan membuat kita berhenti mengharapkan dan mengeluhkan orang lain untuk membuat suatu perubahan. Perubahan yang ideal, kita mulai dari diri sendiri :)