Thursday, April 5, 2012

02 & 05. Kain Kafan... atau Kain Kapan...?


Salah satu tujuan kita ada di planet Bumi ini adalah untuk berbuat/melakukan sesuatu bagi orang lain.

Nah, untuk berbuat/melakukan sesuatu bagi orang lain, ada sedikit paradoks yang menggelitik pikiran kita. 

1. Di satu pihak, kita diharapkan untuk peduli kepada orang lain. Peduli artinya memberi perhatian kepada orang lain. Dengan memberi perhatian, artinya kita memiliki kontak/hubungan batin dengan orang lain; dengan adanya hubungan batin, artinya kita paling tidak memiliki sedikit ikatan batin, sehingga tergerak untuk berbuat/melakukan sesuatu bagi orang lain. 

2. Di lain pihak, kita diharapkan tidak terikat dengan orang lain. Tidak terikat dengan orang lain artinya tidak ada ikatan batintidak memikirkan orang lain, ekstremnya tidak memberi perhatian atau tidak peduli kepada orang lain. Lebih ekstrem lagi, tidak tergerak untuk berbuat/melakukan sesuatu bagi orang lain. (karena tidak ada hubungan / sedikit pun tidak ada ikatan)

Jadi yang mana yang kita pilih: peduli kepada orang lain atau tidak terikat (tidak memberi perhatian) kepada orang lain?

Dengan gampang kita sering katakan, yahhh... kita boleh peduli kepada orang lain, tetapi jangan sampai terikat.... 

Kalau saja konsep "terikat" bisa diukur (misalnya, skala 1 - 10), pada skala berapa kita menyatakan "sudah terikat" atau "belum terikat"? 

Menurut penulis, skala 1 pun, sudah menunjukkan ada ikatan, walaupun sedikit.... sedikit banget... :) 

Jadi, sekali lagi, yang mana yang kita pilih: peduli kepada orang lain atau tidak terikat (tidak memberi perhatian) kepada orang lain?

Untuk menjawab mana yang kita pilih, mungkin kita perlu melihat variabel waktu. Ada kala-nya, kita tidak peduli/tidak memberi perhatian kepada orang lain (sedikit pun tidak memberikan perhatian), dan ada kala-nya kita perlu peduli/memberi perhatian kepada orang lain...

Pertanyaan berikutnya adalah, KAPAN...

KAPAN kita tidak peduli (sama sekali tidak terikat) kepada orang lain, dan KAPAN kita perlu memberi perhatian (sedikit terikat) kepada orang lain...

Kapan...?