Friday, February 1, 2013

03. "...without Money, we are still something...without Health, we are nothing..."


  1. Darimana asal kata vegetarian dan kapan pertama kali gaya hidup vegetarian ada?
  2. Sejauhmana gaya hidup vegetarian mempengaruhi kesehatan (asupan gizi)?
  3. Apakah benar, rekomendasi Johns Hopkins Hospitals bahwa manusia sebenarnya tidak membutuhkan susu jenis apapun, selain ASI?
  4. Apakah benar bahwa susu hanya menyuburkan sel kanker?
  5. Rumah Sakit mana saja di Jakarta, yang mengakomodasi pasien dengan gaya hidup vegetarian?
  6. Apakah benar, teori yang mengatakan bahwa susu dapat mencegah osteoporosis belum terbukti kebenarannya?
  7. Mengapa di Australia, yang merupakan populasi terbesar pengkonsumsi susu, justru sebagai populasi terbanyak pengidap osteoporosis?
  8. Apakah benar, Food and Drug Administration (FDA) tidak merekomendasikan penambahan zat DHA (yang berasal dari mata ikan) pada susu olahan?
  9. Sayur/buah jenis apa yang paling efektif mencegah kanker prostat?
  10. Apakah zat beta-caroteen yang ada di dalam wortel, masih berfungsi mencegah kanker pada saat diisolasi/dikemas dalam tablet?
  11. Apa saja khasiat tempe? Mengapa Jepang begitu gencar mempatenkan proses pembuatan tempe (yang sebenarnya sudah lama dikenal sebagai makanan khas/tradisional orang Indonesia)?
  12. Apakah benar bahwa pasien penyakit asam urat masih boleh memakan produk kedelai/tempe?
  13. Sayur/buah jenis apa saja yang kaya akan protein?
  14. Bagaimana rekomendasi Menteri Kesehatan Malaysia terhadap publik-nya untuk menjalani gaya hidup vegetarian?
  15. Bagaimana kesesuaian antara gaya hidup vegetarian dengan konsep Pedoman Umum Gizi Seimbang ([PUGS], sebagai pengganti konsep empat sehat lima sempurna yang diperkenalkan oleh Prof. Soedarmo), yang dicanangkan oleh Departemen Kesehatan RI sejak 1993?
  16. Mengapa rekomendasi/informasi DepKes RI, untuk banyak makan sayur dan buah tidak sampai secara meluas di kalangan masyarakat?
  17. Sehubungan dengan kepentingan memberikan rekomendasi kepada pasien, berapa lama/berapa semester/berapa banyak bobot materi mengenai kesehatan gizi yang seharusnya diterima oleh seorang calon dokter?
  18. Bagaimana rekomendasi Kepala Program Gizi, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) bagi masyarakat untuk menjalankan gaya hidup sehat vegetarian?
  19. Bagaimana hasil-hasil penelitian mengenai diet vegetarian, dari Mahasiswa Pascasarjana jurusan Gizi FKM UI?
  20. Sejauhmana dunia international mendukung/menganjurkan gaya hidup vegetarian?
  21. Apa hubungan "Global Warming" dan Gaya Hidup Vegetarian? Bagaimana rekomendasi mantan Wakil Presiden Amerika (Al Gore) terhadap gaya hidup vegetarian?
  22. Apakah banyak kelompok masyarakat di daerah Timur Tengah mengikuti gaya hidup vegetarian?
  23. Apakah benar, orang-orang Hunza, yang dikenal berusia sampai 120 - 140 tahun, adalah orang-orang yang bergaya hidup vegetarian?
  24. Bagaimana hasil-hasil penelitian mengenai hubungan antara gaya hidup vegetarian dan happiness/well-being?
  25. Bagaimana rekomendasi hasil-hasil penelitian American Dietetic Association (ADA) dan Dietitians of Canada mengenai diet Vegetarian?
  26. Apakah hasil penelitian American Medical Association (AMA) benar, bahwa diet Vegetarian dapat menurunkan 90-97% resiko penyakit jantung?
  27. Apakah benar, fastfood/junkfood sudah mulai ditinggalkan oleh masyarakat Amerika/Eropa?
  28. Apa saja perbedaan struktur usus hewan pemakan daging dan struktur usus manusia?
  29. Apakah hasil penelitian American Cancer Society benar, bahwa diet Vegetarian dapat menurunkan 40-60% resiko penyakit "cancer"?
  30. Apakah mungkin, hewan yang dikenal pemakan daging, dapat menjalani gaya hidup vegetarian? Perubahan perilaku apa yang terjadi pada kucing yang menjalankan gaya hidup vegetarian?
  31. Apakah memang benar mitos yang menyatakan bahwa orang Jepang pintar karena banyak makan Ikan. Bagaimana dengan orang Indonesia yang juga banyak makan ikan? Bagaimana dengan orang India yang dikenal maju dalam bidang teknologi komputer/IT, apakah juga banyak makan ikan?
  32. Bagaimana hasil penelitian mengenai hubungan IQ dan gaya hidup vegetarian? Gaya hidup vegetarian mempengaruhi pola/cara berpikir atau pola/cara berpikir membuat orang cenderung menjadi vegetarian?
  33. Apakah benar, Einstein, Thomas Alva Edison, dan Isaac Newton adalah orang-orang yang menjalani gaya hidup vegetarian?

Temukan berbagai jawaban atas pertanyaan di atas, dalam Seminar Vegetarian yang akan diselenggarakan pada:

Hari & Tanggal
  • Minggu, 3 Februari 2013
Jam
  • 09.00 - 11.30
Tempat

Pembicara
  • Dr. Susianto, MKM (Doktor Gizi Kesehatan Masyarakat FKM UI)

Registrasi dan Informasi lebih lanjut
  • (021) 724-6794