Wednesday, August 10, 2011

07. Sengaja Berolahraga Yuk... 7 Meniiit Saja…

Bagi para prajurit, manfaat/fungsi/nilai terpenting dari latihan fisik  adalah untuk kesehatan. Sedangkan karakter psikologis lainnya, bersifat secondary. Seperti yang tertera dalam artikel hasil penelitian Achilles dan Achilles (1917, p. 311).
A major to whom thousands of officers are indebted for their conception of the value of physical training places Health first, and the other qualities as follows: (09) Integrity, (11) Judgment, (06) Organizing Ability, (07) Initiative, (07) Perseverance, (11) Appearance, (09) Aggressiveness, (06) Cooperativeness, (07) Competitiveness, (01) Refinement, (04) Control of Emotions, (01) Open-mindedness, and (04) Sense of Humor.
Berdasarkan manfaat/nilai dari latihan fisik adalah sesuatu yang bersifat fisik (kesehatan fisik), setidaknya ada empat poin yang menarik untuk kita diskusikan/perbincangkan, yaitu:
1.    Pertanyaan untuk peneliti (kepada yang terhormat Achilles & Achilles): Mengapa pada pengukuran (alat ukur) berbagai kualitas karakter keprajuritan, lebih banyak item yang bersifat psikologis daripada yang bersifat fisik?
·         yang bersifat fisik hanya berjumlah dua, yaitu: (a) kesehatan/health (bodily vigor, good sight, hearing, etc.), dan (b) penampilan/appearance (well groomed appearance, good carriage, pleasing facial expression, voice, etc.);
·         sedangkan yang bersifat non-fisik/psikologis, berjumlah 12 à waduhhh… 12 bo’…. seperti jumlah nilai dalam konsep living values J
2.    Dari sekian banyak item pada alat ukur kualitas karakter keprajuritan, mengapa para prajurit lebih merespons dan memberikan ranking paling utama pada aspek fisik (health/kesehatan fisik) dibandingkan dengan aspek/karakter yang bersifat psikologis?
3.    Apakah para prajurit menyadari bahwa kondisi-kondisi yang mengawali (yang menjadi antecedent) dari latihan fisik, bersifat psikologis (seperti motivasi/semangat, inisiatif, kepatuhan, dll.)?
4.    Apakah para prajurit menyadari bahwa kondisi kesehatan fisik di medan tempur boleh jadi sama kuat, tapi ingat…. pada saat itu, kemungkinan besar aspek yang lebih berperan adalah faktor psikologis (responsibility, brave, control of emotion, cooperativeness, dll.)?
Apapun jawaban dari poin diskusi di atas, aspek fisik memang tidak boleh kita abaikan/lupakan. Bagaimanapun…, ada benarnya juga tuh pandapat para prajurit, bahwa aspek paling penting adalah aspek fisik.  
Walaupun lebih banyak aspek psikologis yang berperan, walaupun kita adalah makhluk spiritual (jiwa/psyche) yang tinggal di bumi, tanpa fisik yang sehat, mungkin akan sulit juga kita…
Apakah kita sudah berolahraga hari ini? 7 meniiit saja… J

Sumber Pustaka:
Achilles, P. S., & Achilles, E. M. (1917). Estimates of the military value of certain character qualities. The Journal of Applied Psychology, 4(1), 305-316.